6.9.12

Pengertian Diet

sejumlah sumber mengenai pengertian diet sehat dan diet tidak sehat

Diet adalah jumlah asupan makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Dalam bahasa Indonesia, Diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya dalam menurunkan atau mengatur asupan nutrisi tertentu (sumber :wikipedia.org/diet).

Pengertian diet lainnya yaitu “ kegiatan membatasi nutrisi berupa kalori dengan sengaja, yang dimaksudkan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kurus”.Dapat diartikan bahwa perilaku diet ini menekankan pada usaha penurunan berat badan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara namun tetap berfokus pada pengaturan pola makan oleh pelaku diet.

Diet mencangkup pola-pola perilaku yang bervariasi, dari pemilihan makanan yang baik untuk kesehatan sampai pembatasan yang sangat ketat akan konsumsi kalori.Berikut ini penjabaran beberapa perilaku diet sehat dan tidak sehat.

Diet Sehat
Diet sehat dapat diasosiasikan dengan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat, seperti mengubah pola makan dengan menkonsumsi makan rendah kalori atau rendah lemak , dan menambah aktivitas fisik secara wajar.

Cara diet sehat adalah cara seseorang memiliki tubuh ideal tanpa mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Diet sehat dapat dilakukan dengan cara mengurangi masukan kalori ke dalam tubuh namun tetap menjaga pola makan yang dianjurkan oleh pedoman gizi seimbang. Orang yang melakukan diet untuk alasan kesehatan akan melakukan cara yang sehat pula, misalkan mengikuti pola makan yang dianjurkan. sekarang ini sudah banyak menu makanan untuk diet yang bisa anda dapatkan dengan mudah dimana dengan menu ini akan membuat kebutuhan tubuh terhadap asupan gizi tetap terpenuhi ketika anda menjalankan program diet

Pola makan sehat yang dianjurkan agar pelaku diet senantiasa mendapatkan nutrisi yang seimbang bagi tubuh mereka :
  • Berbagai macam variasi dari buah-buahan dan sayuran sebaiknnya dikonsumsi paling sedikit lima porsi sehari. 
  • Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat sebaiknya dikonsumsi, khususnya yang mengandung serat tinggi seperti roti, pasta, sereal, dan kentang. Untuk Indonesia sendiri, Karbohidrat lebih umum dikonsumsi dalam bentuk nasi, roti, mie, atau kentang sebagai makanan pokok yang dimakan setiap hari. 
  • Daging, ikan, dan sejenisnya sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang dan lebih dianjurkan untuk memilih yang rendah lemak. 
  • Susu dan produk-produk olahan dari susu sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan mengandung kadar lemak yang rendah, apabila memungkinkan. 
  • Cemilan dan makanan yang mengandung gula seperti keripik kentang, permen, dan minuman yang mengandung gula sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah kecil dan jarang.
Diet Tidak Sehat
Perilaku diet yang tidak sehat berada dalam kontinum gangguan pola makan. Kontinum tersebut memiliki cakupan dan tidak adanya perhatian seseorang pada berat badannya sama sekali yang tidak berdampak pada pola makan,sampai kepada gangguan pola makan seperti bulimia dan anorexia nervosa pada titik ekstrim tertinggi.Perilaku diet tidak sehat sendiri berada pada sekitar titik tengah kontinum ini.

Diet tidak sehat dapat diasosiasikan dengan perilaku yang membahayakan kesehatan dapat dilakukan dengan berpuasa ( diluar niat ibadah) atau melewatkan waktu makan dengan sengaja, penggunaan obat-obat penurun berat badan, penahan nafsu makan, atau laxative, muntah dengan disengaja, dan binge eating. Orang-orang yang berdiet semata-mata bertujuan untuk memperbaiki penampilan akan cenderung menempuh cara-cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan mereka ( kim & lennon, 2006).

Walaupun memiliki ciri-ciri yang mirip dengan gangguan pola makan klinis, diet tidak sehat sendiri berbeda dengan gangguan pola makan, Beberapa kesamaan dari keduanya adalah sebagai berikut :
  • Seseorang yang memiliki gangguan pola makan menunjukkan preokupasi yang kuat dengan berat badan mereka dan seseorang yang melakukan diet terkadang juga memiliki kekuatan preokupasi yang sama. 
  • Pasien gangguan pola makan dan pelaku diet sama-sama memiliki rasa tidak puas terhadap tubuh mereka dan memiliki citra tubuh yang buruk, dan memaksakan kehendak mereka untuk mendapatkan ideal body (Gardner et al, 1983; dalam kim & Lennon, 2006) .
  • Seseorang yang melakukan diet memiliki gejala-gejala yang mengarah pada gangguan anorexia nervosa dan bulimia nervosa (kim & Lennon, 2006).
Walaupun memiliki beberapa kesamaan seperti yang disebutkan diatas, Seseorang yang berdiet secara ekstrim mungkin akan melakukan binge eating atau muntah secara paksa, namun mereka yang tidak memiliki gejala-gejala psikopatologis yang dapat membuat mereka masuk kedalam golongan orang-orang yang memiliki gangguan pola makan (Ackard, Croll& Kearney-Crooke, 2002 ; dalam kim & lennon, 2006).
Demikian ulasan artikel kali ini yang mengulas tentang pengertian diet secara umum, semoga dengan mengetahui apa arti diet sesungguhnya, anda dapat menjalankan diet secara benar. Nantikan artikel selanjutnya yang akan mengulas tentang tips diet sehat untuk anda jalankan.

sumber : http://www.lontar.ui.ac.id/file?file=digital/126265-155.2%20ELG%20h%20-%20Hubungan%20Antara%20-%20Literatur.pdf
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Cara Diet Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by BLog BamZ