Gigi rusak dan bau mulut akibat salah diet

Gigi rusak dan bau mulut akibat salah diet ~ banyak pola diet yang umumnya telah dilakukan oleh orang lain bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan, sehingga terkadang kitapun serta-merta mengikuti pola diet yang telah mereka lakukan demi bentuk tubuh yang langsing.

salah diet bisa sebabkan bau mulut dan gigi menjadi rusak

Langkah tersebut memang tidak salah, karena kita sudah mengetahui program yang kita pilih sudah berhasil dibuktikan oleh pelaku diet yang lain. Tapi anda perlu hati-hati!! Ada beberapa pola diet yang bisa berakibat negatif pada bagian tubuh lain seperti gigi mulut anda seperti pengeroposan gigi dan bau mulut. Karena pada kenyataannya, pola diet yang telah dilakukan orang lain belum tentu cocok untuk kita.

Salah seorang pakar kesehatan gigi asal London yaitu Dr.Sameer Patel menyebutkan beberapa pola diet dan dampaknya bagi kesehatan gigi dan mulut, antara lain sebagai berikut :



1. Diet jus buah
Diet jus buah cukup populer dilakukan oleh sebagian besar orang, diet rendah kalori ini prinsipnya mengganti makanan dengan smoothies dan jus. Pola diet ini bisa mengakibatkan meningkatnya kadar insulin dan mengubah struktur kolagen pada tubuh, termasuk mempengaruhi serat kolagen yang menjaga posisi gigi. Beberapa jus buah dan sayur juga pada kenyataannya mengandung kadar asam tinggi sehingga berpotensi menyebaban rusaknya enamel gigi.

2. Diet 5 : 2
Prinsip dari diet 5 :2  ini yaitu mengurangi asupan kalori dan menurunkan porsi karbohidrat serta meningkatkan porsi protein. Efek negatif dari perubahan system ini dapat menimbulkan satu proses disebut ketosis yang memproduksi senyawa kimia dan akibatnya aroma napas menjadi bau.

3. Diet milkshake
Diet milkshake yaitu mengganti makanan dengan minuman kocok. Hasilnya bagi diet memang bagus, tapi perlu anda perhatikan juga, sisa-sisa milkshake pada gigi dapat menyebabkan pengeroposan pada gigi.

4. Diet raw food
Banyak yang menyebutkan diet ini adalah diet yang sehat. Tapi anda perlu ingat! Diet ini ternyata bisa merusak gigi, dimana gula yang secara alami terdapat pada buah-buahan bila tersisa di gigi dan anda tidak rajin membersihkannya, akan merusak gigi.

Demikian ulasan mengenai beberapa pola diet yang berpotensi merusak kesehatan gigi dan mulut anda. Semoga bermanfaat.

( sumber : kompas.com - salah diet rusak gigi dan sebabkan bau mulut 7/08/2014 )

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.