Kolesterol adalah dan Jenis-jenisnya

Kolesterol sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit pada tubuh. Tapi memang pada kenyataannya, kolesterol ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja, bila jumlahnya berlebihan, dapat menimbulkan efek negatif yang terkadang tidak diinginkan.

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang kolesterol dan jenis- jenisnya, anda perlu tahu juga apa sih sebenarnya kolesterol itu !!

Kolesterol adalah lemak yang terdapat pada aliran darah atau sel tubuh. Keberadaanya dibutuhkan untuk membentuk dinding sel dan sebagai salah satu bahan pembentuk hormone. Tapi yang sering menjadi masalah bila jumlahnya melebihi kebutuhan tubuh. Maka akan menumpuk dan akhirnya dapat menimbulkan beberapa gangguan pada tubuh sendiri seperti menyebabkan beberapa penyakit dan gangguan lainnya.

Dalam tubuh manusia. Kolesterol masih berada dalam kondisi normal bila jumlahnya dbawah 200 mg/dl. Bila sudah diatas 240 mg/dl. Maka sangat beresiko terhadap kesehatan tubuh ( bisa memicu serangan jantung dan stroke).

Dari mana kolesterol berasal ?

Tubuh manusia secara alami bisa membentuk kolesterol. Sebagiannya lagi diambil dari asupan makanan hewani yang masuk kedalam tubuh seperti ikan ,daging, susu, dan keju.



Apakah semua jenis kolesterol berbahaya bagi kesehatan tubuh ?

Kolesterol memiliki sifat tidak larut dalam darah, sehingga kolesterol perlu berikatan dengan pengangkutnya yaitu lipoprotein. Berdasarkan tinggi rendahnya lipoprotein, kolesterol dibedakan menjadi dua jenis, yaitu LDL ( Low Density Lipoprotein ) dan HDL (High Density Lipoprotein).

1. LDL ( Low Density Lipoprotein ).
Kolesterol jenis LDL sering digolongkan kedalam kolesterol jahat karena dapat mengendap pada dinding dalam aliran pembuluh darah terutama pembulah darah kecil yang merupakan jalur suplai makanan ke jantung dan otak. Lama kelamaan, endapan lemak tersebut akan mengeras (arteriosklerosis) yang bisa menyebabkan tersumbatnya aliran darah.

Batas aman kolesterol jenis LDL adaah 100 mg/dl. 100-129 mg/dl masuk kedalam katergori borderline, dan bila sudah diatas 130 mg/dl akan menimbulkan efek negative pada tubuh.

2.HDL (High Density Lipoprotein)
Berbanding terbalik dengan jenis LDL. Kolesterol HDL digolongkan sebagai jenis lemak baik karena bisa membantu membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati.

Batas ideal kolesterol HDL dalam tubuh adalah lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, dan diatas 50 mg/dl untuk perempuan.

Demikian ulasan singkat mengenai tentang apa itu kolesterol dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.