Manfaat Buah Semangka Bagi Diet

khasiat buah semangka

Manfaat Buah Semangka Bagi Diet - buah semangka merupakan buah yang dikenal kaya sekali akan kandungan gizi dan nutrisi, serat, air, zat, dan senyawa penting yang bermanfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi buah semangka tidak hanya memberikan kesegaran, tapi dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan unsur-unsur tersebut.

Manfaat buah semangka bila dikonsumsi secara rutin, tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Buah berbiji banyak ini juga dapat membantu mensukseskan program diet yang anda jalankan dalam upaya menurunkan berat badan secara alami dan tanpa efek samping.

Beberapa pakar gizi menganjurkan agar buah semangka dimasukkan sebagai salah satu menu makanan diet, dikarenakan banyak sekali manfaat buah semangka ini bagi penurunan berat badan anda. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa buah semangka dianjurkan untuk menjadi salah satu jenis buah yang harus anda pilih untuk menu makanan untuk diet :
  1. Buah semangka bersifat basa, ini berbanding terbalik dengan sifat sel-sel lemak yang bersifat asam dan mangandung racun. Bila kondisi tubuh basa, maka pelepasan sel-sel lemak menjadi lebih mudah.
  2. Kadar citrulline dalam buah semangka dapat memicu terjadinya efek diuretik dimana intensitas buang air kecil akan meningkat, hal ini berefek positif dalam pengeluaran endapan racun dalam tubuh.
  3. Buah semangka dikenal sebagai salah satu buah dengan kadar serat tinggi. Serat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan usus, melancarkan pencernaan dan buang air besar. Mempercepat rasa kenyang pada perut dan mempertahankan kondisi tersebut dalam waktu cukup lama.
  4. Selain serat, buah semangka juga kaya akan air. Jumlah air yang cukup dalam tubuh, dapat mencegah terjadinya dehidrasi, membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Menimbulkan kondisi cepat kenyang pada perut sehingga anda segera menghentikan proses makan. Kondisi ini akan mengurangi jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh, dan ini tentu saja baik bagi diet yang anda jalankan.
  5. Kadar kalori dalam buah semangka sangat rendah, yaitu sekitar 30 kal/100 gram, sehingga cukup aman bagi tubuh.
Mengkonsumsi buah semangka juga dianjurkan ketika malam hari, dimana anda bisa menjadikannya cemilan sehat yang cukup mengenyangkan.

Selain manfaat buah semangka untuk diet, mengkonsumsinya secara rutin juga dapat menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Diambil dari berbagai sumber.

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.