Mengapa menurunkan berat badan terhambat ?

Mengapa menurunkan berat badan terhambat ? Mungkin ini adalah pertanyaan dibenak anda setelah sekian lama bersusah payah dalam upaya penurunan berat badan, tapi tidak jua memberikan hasil yang memuaskan. sepertinya anda harus meninjau kembali apakah program diet yang anda jalankan sudah benar atau tidak. Dan perlu anda perhatikan juga, ada beberapa penyebab kegagalan dalam diet yang tidak anda sadari yang ternyata menjadi faktor terhambatnya proses penurunan berat badan.

penghambat penurunan berat badan

Penyebab menurunkan berat badan menjadi sulit

Dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab program diet yang anda lakukan menjadi terhambat, bahkan bisa menyebabkan gagalnya diet yang anda jalankan selama ini, berikut diantaranya :

1. Kondisi usus yang kotor
Bila usus anda kotor, tentunya penyerapan nutrisi mikro dalam tubuh menjadi terhambat, sehingga asupan nutrisi tidak optimal dan hasil dari diet sehat yang anda jalankan kurang optimal.

2. Salah memilih jenis makanan. 
Pemilihan makanan untuk diet yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab diet tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, mulailah untuk memilih jenis makanan yang dirasa baik untuk diet dan tetap memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh terutama yang memiliki kadar serat dan protein cukup. Hindari makanan dengan kadar kalori tinggi !

3. Kebiasaan mengunyah makan tidak sempurna 
Terkandang kita kurang memperhatikan , apakah makanan yang kita makan telah dikunyah dengan baik atau tidak. Hal ini bisa memberikan efek kurang baik bagi diet anda. Mereka yang mengunyah makanan dengan cepat dan menghabiskan makanan relatif singkat cenderung mengalami kegemukan.

4. Masih mengkonsumsi makanan berlemak 
Mengkonsumsi makanan berlemak,  khususnya dengan kadar lemak jahat, akan memberikan efek negatif bagi tubuh, walaupun anda mengkonsumsinya dalam jumlah tidak berlebihan. Lemak  jenuh ini sulit sekali diurai dalam tubuh dan akhirnya akan menumpuk pada bagian-bagian tubuh tertentu.

5. Adanya  Ketidakseimbangan insulin karena tingginya karbohidrat dan gula dalam tubuh. 
Kelebihan gula dan karbohidrat dalam tubuh selain menghambat penurunan berat badan, juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

6. Tubuh kekurangan enzim 
Kurangnya enzim dalam tubuh disebabkan kesalahan anda dalam memilih jenis makanan dalam menu diet.

7. Kurangnya kegiatan olahraga. 
Kegiatan olahraga yang kurang, menjadi salah satu penyebab terganggunya metabolisme tubuh terutama dalam pembakaran lemakn dan kalori.

8. Kesehatan pencernaan tubuh kurang baik 
Kesehatan pencernaan yang kurang baik merupakan satu dari banyak faktor tidak tercapainya program diet  anda. Salah cara agar diet bisa berjalan dan kesehatan pencernaan tetap terjaga, yaitu dengan memilih metoda diet yang bisa menyehatkan kesehatan pencernaan tubuh.

9. Jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh tidak seimbang. 
Solusinya, pilh jenis makanan diet yang komposisi nutrisinya seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

10. Jadwal makan yang buruk 
Anda harus memperhatikan waktu makan anda baik ketika makan pagi, siang, dan malam, tetapkan waktunya dan jangan berubah-rubah.

Selain beberapa faktor diatas, penyebab lainnya yang bisa menghambat penurunan berat badan yaitu  fungsi dari metabolime tubuh yang buruk, fungsi hati yang lambat, dan kondisi ginjal yang lemah bisa menjadi penyebab turunnya berat badan menjadi tidak maksimal.

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.