Manfaat Ekstrak Bayam Bagi Diet Anda

Dietsecaraalami.blogspot.com – Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan gizi penting dan bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi bayam secarar rutin dan teratur dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh akan nutrisi, vitamin, serat dan unsur lainnya.

manfaat ekstrak bayam

Mengkonsumsi bayam juga bermanfaat untuk diet yang anda jalankan dalam rangka menurunkan berat badan. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi jangka panjang di Swedia, yang dilakukan oleh para peneliti dari Lund University. Penelitian tersebut bertujuan menguak lebih dalam tentang manfaat ekstrak bayam bagi penurunan berat badan.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa didalam ekstrak daun bayam terkandung membran hijau daun atau disebut tilakoid. Zat ini berperan penting dalam mengurasi rasa lapar hedosis hingga 95 % dan membantu menurunkan berat badan sampai 43 %. Adapun yang dimaksud dengan lapar hedonis yaitu istilah yang menggambarkan keinginan kuat dari diri anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan kurang sehat seperti sweet food dan fastfood. Kedua jenis makanan ini merupakan penyebab umum terjadinya obesitas.

Tilakoid membantu memperkuat produksi hormon kenyang dalam tubuh dan mampu menekan rasa lapar hedonis. Efek positifnya, tentu saja baik dalam pengendalian nafsu makan, mengembalikan kebiasan makan makanan sehat, dan mempercepat proses penurunan berat badan.

Kemapuan ekstrak bayam ini telah diujikan kepada beberapa orang sebagai sampel. Pengujian yang melibatkan 38 peserta yang semuanya wanita ini, dilakukan selama 3 bulan dengan membagi mereka kedalam dua kelompok. Satu kelompok diberi ekstrak bayam masing-masing lima gram, sedang kelompok kedua yang disebut juga kelompok kontrol, diberi placebo. Selain itu, para peserta tetap diberikan menu diet seimbang, makan tiga kali sehari, dan tidak melakukan program diet lainnya. Hasil Dari pengujian tersebut yaitu, kelompok control kehilangan berat rata-rata 3,5 kg, sedangkan kelompok pertama kehilangan berat tubuh rata-rata 5 kg.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut :
  1. Minum-minuman yang mengandung tilakoid sebelum sarapan dapat mengurangi keinginan seseorang untuk makan dan menjadikannya kenyang sepanjang hari.
  2. Tilakoid mampu memperlambat proses pencernaan, dan menghasilak perasaan kenyang. Pada akhirnya, kita akan mengurangi asupan makanan yang tidak diperlukan seperti keripik manisan, dan cemilan lainnya.

Sumber :

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.